Asal Muasal Mutiara

Asal Muasal Mutiara

  • Jum'at, 31 Juli 2015
  • oleh Admin
  • Pearl
Asal Muasal Mutiara


Mutiara adalah sejenis batu permata dalam berbagai bentuk, hasil biomineralisasi kerang dan siput anggota moluska (filum Mollusca). Mutiara alami terbentuk karena iritasi yang disebabkan oleh sesuatu yang asing, masuk ke dalam kerang. Mekanisme pertahanan diri akibat gangguan iritasi ini diwujudkan dengan keluarnya cairan yang melapisi seluruh benda asing tadi dan menghasilkan nacre, yang terkomposisi sebagian besar dari kalsium karbonat. Hasil zat pelindung itu menjadikan benda itu berwarna-warni dan mengkilat 

Walau semua kerang dan siput dianggap dapat menghasilkan mutiara, namun tidak seluruhnya menghasilkan mutiara dengan kualitas yang dapat diterima sebagai perhiasan. Dan meski sudah dikenal berabad-abad, pengembangan mutiara sangat gencar dilakukan pada abad ke-20.

Pada sistem budi daya, mutiara dapat dibuat dengan memilih kerang berumur 15 bulan berukuran 12 cm. Benda asing yang biasanya disebut nucleus di sini diciptakan untuk disuntikkan dekat insang pada rongga mantel (kulit lunak yang meliputi tubuh kerang). Nucleus disuntikkan setelah bagian daging dirobek memakai pisau operasi. Total waktu yang dibutuhkan sampai panen, sekitar 24 bulan.


Nucleus terselip antara mantel dan cangkang sebagai rumah kerang, bisa menghasilkan mutiara setengah bundar dan bundar. Mikimoto, Nikishawa, Machii dari Jepang, adalah perintis budi daya mutiara dengan teknik itu.

Mutiara dihasilkan dari kerang yang dikembangbiakan di air tawar maupun air laut. Salah satu yang membuat mutiara menjadi barang mahal, karena sulitnya mendapatkan hasil yang diharapkan.

Mutiara air laut biasa memiliki warna yang lebih cemerlang dan lebih kuning. Harganya relatif lebih mahal karena memang untuk mendapatkannya sangat sulit apa lagi yang berasal dari kerang laut yang benar-benar dari alam liar. Berbeda dengan mutiara air tawar, bentuknya tidak terlalu bulat, terkadang ada yang lonjong, dan warnanya kurang bersinar dan tidak lebih putih.


Komentar

    Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kode Verifikasi
scroll up