Cara Membedakan Mutiara Asli Dan Palsu

Cara Membedakan Mutiara Asli Dan Palsu

  • Jum'at, 31 Juli 2015
  • oleh Admin
  • Pearl
Cara Membedakan Mutiara Asli Dan Palsu

Senang sekali rasanya ketika mutiara mulai menjadi trend massal di hampir seluruh dunia. Bahkan di Indonesia saat ini, mutiara menjadi salah satu perhiasan favorit wanita-wanita eksotik bangsa tercinta. Tapi yang menjadi masalah adalah, masih banyak juga masyarakat awam yang belum bisa membedakan mutiara asli dan palsu.

Mutiara sendiri merupakan benda keras yang dihasilkan oleh tiram atau molusca. Molusca ini kemudian membentuk kalsium karbonat yang bisa menghasilkan bulatan kecil yang disebut mutiara. Mutiara asli tidak bisa terbentuk sempurna 100% . Kalaupun ada, mungkin hanya beberapa diantaranya.


Beberapa waktu lalu, seorang tetangga saya datang ke rumah. Minta tolong untuk menjualkan perhiasan mutiaranya. She seemed so desperate. Alasannya butuh uang untuk biaya daftar ulang sekolah anaknya. So, I tried my best to help her. Nothing to loose. Tapi saya juga bilang ke dia, kalau saya harus menguji dulu keaslian mutiara ini. Karena saya tidak mau menjualkan mutiara palsu. Setelah dia pulang, beberapa perhiasan mutiara yang dibawanya saya uji sendiri dengan standar seperti tips-tips yang diberikan oleh supplier-supplier dan para pengrajin saya. Alhasil, saya menemukan 2 perhiasan miliknya adalah palsu (kalung dan anting). Bukan berarti saya langsung berpikiran negatif bahwa dia telah menipu saya. Bisa jadi, ketika dia membeli, dia juga tidak tahu apakah barang yang dimilikinya asli atau palsu.


Sebenarnya cara membedakan mutiara asli dan palsu cukup mudah. Cara pertama adalah dengan menggesekkan mutiara tersebut ke permukaan gigi bagian depan Anda. Jika terasa kesat dan agak berpasir, berarti itu mutiara asli. Mutiara palsu akan terasa licin permukaannya. Cara lain bisa dengan digigit. Sama seperti tadi, jika terasa kesat dan agak berpasir, artinya mutiara tersebut asli. Mutiara asli juga tidak akan berbekas jika digigit. Tapi jangan menggigitnya terlalu kencang atau kasar ya? Mutiara palsu jika digigit, akan terasa halus. Dan umumnya akan sedikit berbekas.

Kedua, Anda bisa mencoba untuk membakar mutiaranya. Cobalah untuk membakar mutiara di atas nyala api sebuah lilin. Jika meleleh, berarti mutiara yang Anda miliki palsu. Mutiara asli dia tidak akan meleleh. Menghitam sedikit, tapi jika kita lap dengan tissue biasa, permukaan akan kembali ke awal, mulus.

Ketiga, dengan cara digesek di permukaan kaca. Mutiara asli akan meninggalkan bekas seperti kapur pada permukaan kaca tersebut, namun tidak akan membuat rusak mutiaranya, sedangkan mutiara palsu akan rusak.

Keempat, dengan menggesekkan 2 mutiara dari sepasang anting yang Anda miliki. Jika keduanya terasa kesat, agak berpasir, dan teskturnya terasa tidak sempurna, artinya mutiara tersebut asli. Mutiara palsu akan terasa licin dan teksturnya terasa sempurna.

Kelima, cara lainnya adalah dengan meneteskan cairan aseton ke permukaan mutiara. JIka setelah diteteskan ternyata mutiara itu semakin bersih, artinya mutiara yang Anda miliki asli. Tapi jika ternyata buram atau luntur, itu bukanlah mutiara asli.


Nah, tinggal Anda pilih saja. Mau menggunakan cara yang bagaimana? Atau mau mencoba semua cara tersebut? Silahkan. Semoga ini bisa membantu Anda untuk sedikit lebih mengenal mutiara yang Anda beli saat ini.


Oh ya, jangan lupa kunjungi web resmi kamo di www.exotic-pearl.com untuk memudahkan Anda dalam berbelanja ^^


Komentar

    Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kode Verifikasi
scroll up